Selasa, 11 Juli 2017

Anggota PWI Ditawari Gol A Gong Studi Literasi ke Singapura


RADARMETROPOLIS: (Jombang) - Penulis legendaris Gol A Gong memberi kesempatan kepada anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jombang untuk mengikuti studi literasi ke Singapura. Hal ini disampaikan saat berkunjung ke kantor PWI Jombang, Senin (10/7/2017).

Pendiri dan pengelola komunitas 'Rumah Dunia' Serang Banten tersebut mengatakan bahwa studi literasi merupakan wadah untuk melahirkan penulis unggulan. Hal ini mengingat bahwa selama perjalanan dan berada di Singapura selama empat hari, para peserta diwajibkan melakukan penulisan.

"Selanjutnya, hasil penulisan tersebut kita terbitkan dalam bentuk buku. Program tersebut kita lakukan September mendatang. Silakan jika teman-teman PWI Jombang berminat. Studi literasi ini rutin kita lakukan setiap tahun," kata A Gong.

Penulis novel 'Balada Si Roy' tersebut lantas menunjukkan buku yang notabene hasil dari perjalanannya ke Singapura. Sebanyak 20 penulis menghiasai halaman buku tersebut. "Saya yang membimbing secara langsung di lapangan. Termasuk membuatkan outline atau kerangka tulisan," ujarnya.

Kedatangan Gol A Gong ke Jombang dalam rangka mengkampanyekan gempa literasi. Menurut A Gong, dirinya sedang keliling ke berbagai tempat di pulau Jawa. Dari Banten, Tegal, Solo, Pekalongan, Jombang, Bojonegoro, Jepara hingga Bandung.

"Hari ini kami mampir ke Jombang. Kegiatan ini dalam rangka mengkampanyekan 'gempa literasi'," ujar A Gong yang datang bersama rombongan, termasuk anak dan istrinya.


Gempa literasi yang dimaksud Gong adalah upaya menumbuhkan minat baca dan menulis di kalangan masyarakat. Ia berharap setiap orang atau komunitas bisa mendorong orang lain untuk dapat memperkaya literatur atau ilmu pengetahuan. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah membangun semangat Gempa Literasi dengan menyenangi baca-tulis. (pen)

0 comments:

Posting Komentar